Mengobati Ejakulasi Dini ke Dokter Apa ? Tanya Klikdokter

Mengobati Ejakulasi Dini ke Dokter Apa ? Tanya Klikdokter –  Ejakulasi dini atau ketidak mampuan pria tahan lama saat bersetubuh dengan pasangan, merupakan salah satu kasus seksual paling banyak diderita oleh para pria.

Permasalahannya adalah banyak dari pria penderita ejakulasi dini enggan konsultasi ke dokter karena merasa malu.

Daftar Isi

mengatasi ejakulasi dini klikdokter

Menurut American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders IV (DSM-IV), ejakulasi dini didefinisikan sebagai ejakulasi yang terjadi dengan stimulasi seks yang minim, saat atau sebelum penis penetrasi atau pada saat yang belum diinginkan.

Lalu di manakah atau ke dokter mana Anda bisa mengobati ejakulasi dini ? 

Untuk mengobati ejakulasi dini, ke dokter apa ya ?

Untuk mengobati ejakulasi dini bisa ke dokter umum dulu, kemudian dari dokter umum biasanya akan memberi rujukan ke dokter spesialis sesuai dengan penyebab ejakulasi yang Anda derita. Karena penyebab ejakulasi dini itu bermacam-macam, bukan hanya satu, maka dokter spesialis yang akan menangani Anda tergantung dari penyebab utama ejakulasi dini Anda.

Berikut kemungkinan dokter spesialis yang akan menjadi rujukan dokter umum untuk masalah ejakulasi dini Anda :

  • Dokter spesialis urologi : Dokter ini spesialis menangani gangguan saluran kemih, gelarnya adalah Sp.U. Jika ejakulasi dini Anda penyebabnya adalah masalah di saluran kemih, maka Anda akan dirujuk ke dokter spesialis urologi.
  • Dokter spesialis Andrologi : Dokter andrologi (bergelar Sp.And) ahli menangani kesehatan reproduksi, sistem urine dan hormon pria. Jika masalah ejakulasi dini Anda karena permasalahan hormon seksual pria (testosteron), maka dokter Andrologi inilah yang tepat menangani problem Anda.
  • Dokter spesialis kulit dan kelamin : Dokter spesialis kulit dan kelamin (gelanya Sp.KK) ahli masalah kelamin dan penyakit kulit. Jika permasalahan ejakulasi dini Anda karena gangguan kulit kelamin, maka dokter spesialis ini yang cocok menangani ejakulasi dini Anda.
  • Dokter spesialis kejiwaan (Sp.Kj): Dokter ini ahli penyakit yang berhubungan dengan mental dan kejiwaan seseorang. Stress dan depresi merupakan salah satu penyebab terbesar disfungsi seksual baik itu ejakulasi dini ataupun impotensi (disfungsi ereksi).Bisa jadi ejakulasi dini Anda karena mengalami depresi atau tekanan hidup yang sangat membebani dan tak kunjung selesai. Maka dokter kejiwaan ini akan membantu mengatasi kejiwaan Anda agar kemampuan seksual Anda prima lagi.
  • Dokter spesialis bedah (Sp.B) : Dokter spesialis bedah cocok menangani ejakulasi dini Anda jika penyebabnya adalah sensitifitas saraf rangsang penis Anda.Jika hal ini penyebabnya, maka dokter akan membedah dan membereskan masalah penis Anda yang tidak mau bertahan lama saat ereksi dan gampang keluar. Namun biasanya opsi bedah adalah opsi terakhir, mengingat resiko yang menyertainya.

Selain pergi atau periksa ke dokter, Anda bisa mencoba dahulu pengobatan secara mandiri. Sebagaimana yang dilansir oleh laman alodokter, penanganan secara mandiri ejakulasi dini bisa Anda lakukan sebelum pergi ke dokter.

Yang perlu Anda perhatikan, penanganan sendiri harus benar-benar aman dan alami jadi misalpun nanti belum berhasil, setidaknya tidak menimbulkan efek samping yang buruk.

Seperti yang dilansir oleh laman klikdokter, berikut ini cara-cara alami yang bisa Anda coba sebelum pergi ke dokter, untuk mengatasi ejakulasi dini agar bisa tahan lama saat bersetubuh dengan pasangan tercinta :

Memperbaiki teknik bercinta agar tahan lama saat ML dengan pasangan.

Saat bercinta cobalah serileks mungkin, tarik napas dalam-dalam dan coba alihkan perhatian Anda ke hal-hal lain seperti mungkin membayangkan Anda sedang main bola atau beraktifitas lain. Hal ini untuk meredam gejolak seksual yang meledak-ledak.

Posisi bercinta terbaik agar bisa menikmati seks tahan lama di atas ranjang denga pasangan adalah women on top (WOT). Dengan pasangan di atas, Anda terbantu grafitasi yang bisa meredam ejakulasi. Selain itu dengan posisi WOT, ketika Anda hendak ejakulasi, istri Anda bisa dengan mudah mencabut diri. Kemudian istirahat sejenak hingga rasa mau ejakulasi reda. Setelah itu baru lakukan lagi penetrasi penis Anda ke Miss V pasangan.

Lakukan seperti itu sesering mungkin, sehingga Anda akan terbiasa mengontrol ejakulasi. Jika Anda sudah jago mengontrol ejakulasi, maka bebas mau gaya apa saja tidak masalah. Ingat, seorang master tidak tahu-tahu langsung menjadi master.

Perlu latihan dari hal-hal kecil yang kemudian dilakukan secara bertahap dan konsisten, kemudian pada akhirnya menjadi master. Termasuk dalam hal ini, jika Anda ingin menjadi master seks, penguasa ranjang yang bisa memberikan kepuasan kepada pasangan, Anda perlu berlatih perlahan dengan konsisten.

Senam Kegel, Terapi Efektif Mengobati Ejakulasi Dini

Senam yang diciptakan oleh dr. Arnold Kegel ini jika dilakukan dengan benar dan konsisten, hasilnya sangat efektif. Karena menurut laporan dari dari salah satu jurnal kesehatan ternama di Amerika, tingkat kesembuhan pasien ejakulasi dini dengan senam kegel mencapai 75%.

Cara melakukan senam kegel, pada prinsipnya adalah perhatikan 3 hal ini : “KENCANGKAN-TAHAN-LEPASKAN”. Kencangkan otot panggul bawah Anda, kemudian tahan (semakin lama bisa menahan semakin bagus), selanjutnya lepaskan.

Baca Juga : Panduan Kegel Yang Benar Untuk Atasi ED (Salah Kegel-Memperparah ED)

Cara mengencangkan otot panggul adalah bayangkan Anda sedang kencing, lalu Anda menahannya. Perlu Anda ingat, bukan menahan saat pas Anda kencing, tetapi bayangkan saja.

Jika Anda kesulitan membayangkan dan mencari tahu letak otot panggul bawah, saat kencing coba Anda tahan dan rasakan otot mana yang berkontraksi. Nah disitulah letak otot panggul bawah.

Tapi ingat menahan saat kencing hanya untuk mencari letak otot panggul bawah. Setelah ketemu, lakukan seperti itu dengan membayangkannya saat senam kegel bukannya menahan setiap mau kencing. Karena menahan kencing bisa fatal untuk kesehatan sistem urin Anda.

Demikianlah artikel “Mengobati Ejakulasi Dini ke Dokter Apa ? Tanya Klikdokter” semoga membantu Anda yang sedang galau dan hilang semangat hidup karena ejakulasi dini. Semoga Allah SWT memberi kesembuhan.