Cara Mengatasi Ejakulasi Dini: Panduan Komplit,Konkrit,No Bullshit

panduan cara mengatasi ejakulasi dini

Tulisan ini Cara Mengatasi Ejakulasi Dini: Panduan Komplit,Konkrit,No Bullshit“, Kami dedikasikan untuk Anda pria, baik yang baru menikah ataupun yang sudah sekian tahun berumah tangga, tapi masih menderita ejakulasi dini (ED).

Mungkin panduan ini, adalah panduan cara mengatasi ejakulasi dini paling lengkap se-internet raya.

Kami menyusun artikel ini se-valid mungkin, berdasarkan literatur (hasil riset) yang ada. Namun tetap Kami suguhkan dengan bahasa sederhana agar lebih enak dibaca dan mudah dipahami.

Bukan tanpa alasan, dengan sumber-sumber yang valid bisa membantu Anda menentukan langkah yang “tepat” cara mengatasi ejakulasi dini, membuat Anda tahan lama ereksi dan ujung-ujungnya bisa memuaskan istri.

Karena komplit, tulisan ini PapaTahanLama buat panjang. Pembahasan diawali dari alasan mengatasi ejakulasi dini, cara diagnosa yang tepat, hingga di bagian akhir masuk pembahasan langkah konkrit, proven-no bullshit, benar-benar efektif sebagai cara mengatasi ejakulasi dini.

Berikut daftar isi artikel ini…

Daftar Isi Artikel

[1] Mengatasi Ejakulasi Dini (ED), Apa Pentingnya ?

Hubungan seksual disebut berhasil jika kedua belah pihak (pria-wanita) sama-sama mencapai klimaks atau orgasme.

Bagi pria, mencapai orgasme merupakan hal yang cukup mudah dan simpel. Namun lain halnya dengan wanita.

Berdasarkan fakta yang ada, dalam hubungan biologis, wanita lebih susah orgasme dibandingkan pria. Seringkali wanita tidak mencapai orgasme ketika berhubungan badan.

Oleh seksolog, fenomena ini disebut dengan “Orgasm Gap”. 

Yaitu adanya gap atau kesenjangan antara pria dan wanita dalam urusan orgasme.

Di mana hampir semua pria mendapatkan orgasme, sedangkan wanita banyak yang tidak mencapai orgasme ketika ML. Pria lebih cepat mencapai orgasme, sedang wanita lebih lama untuk orgasme. (1)

Baca Juga: Gap Orgasme, Satu Alasan Pasti Pria Wajib Tahan Lama

Untuk memperkecil atau menghilangkan orgasm gap, dengan kata lain membuat wanita mencapai klimaks / orgasme di setiap atau minimalnya hampir setiap hubungan intim, ada 2 cara yang bisa Anda lakukan:

Pertama, Anda harus tahan lama terbebas dari ejakulasi dini.

Ya, wanita susah orgasme, butuh waktu lebih lama dibanding pria. Jika Anda mampu tahan lama ereksi, mampu mengkontrol ejakulasi kapanpun Anda mau, maka Anda bisa mengantar istri mencapai klimaks.

Dan Anda hanya akan terbebas dari ejakulasi dini, jika mengikuti petunjuk yang proven dan efektif cara mengatasi ejakulasi dini.

Kedua, Tingkatkan skill foreplay Anda.

Jika Anda jago dalam urusan foreplay, maka bisa membuatnya (pasangan) mudah “ON” terangsang. Semakin terangsang, semakin mudah wanita mencapai orgasme.

Meningkatkan skill foreplay relatif mudah. Namun cara mengatasi ejakulasi dini, agar pria tahan lebih lama di ranjang, adalah tantangan sebenarnya bagi seorang pria.

Tidak mampu mengantar istri orgasme, membuatnya menderita. Meski Anda sayang dan memberikan banyak harta, tetap saja, baginya hidup terasa hampa.

Mampu tahan lama hingga mengantar istri orgasme, membuat istri bahagia, puas dengan Anda.

Mampu tahan lama plus jago foreplay membuat istri tergila-gila dan ketagihan dengan Anda.

Wajib Baca : Jurus Maut Merangsang Wanita, Bikin Dia Meledak dan Meleleh

Uraian di atas semoga bisa mencambuk. Membuat Anda sadar, betapa wajibnya bagi Anda, seorang pria untuk segera menemukan dan mempraktekkan cara mengatasi ejakulasi dini yang benar-benar proven dan efektif.

#Durasi Hubungan Intim Yang Diinginkan Wanita

Yang pasti, wanita ingin mencapai orgasme setiap kali melakukan hubungan intim. Sedangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan wanita untuk mencapai orgasme, ini yang tidak pasti.

Yang paling pasti, tanyakan ke istri Anda secara langsung, butuh rata-rata waktu berapa lama untuk mencapai orgasme.

Tetapi di bawah ini beberapa survey seberapa lama para wanita menyatakan puas berhubungan seksual. Bisa Anda gunakan untuk menilai apakah istri Anda termasuk wanita yang tergolong cepat, rata-rata atau tergolong lama dalam mencapai orgasme.

Eric Corty dan Jenay Guardiani mengumpulkan 50 terapis seks profesional berasal dari Amerika dan Canada member the Society for Sex Therapy and Research.

Ke 50 terapis seks profesional tersebut, memiliki pengalaman puluhan tahun dan sudah menangani ribuan klien yang bermasalah dalam urusan seksualitas.

68% dari terapis seks profesional tersebut mengungkapkan data durasi kepuasan tiap pasangan dalam hubungan seksual, berikut datanya :

  • 1-2 menit durasi penetrasi penis, terlalu cepat
  • 3-7 menit durasi penetrasi penis, lumayan cukup
  • 7-13 menit durasi penetrasi penis, paling diinginkan tiap pasangan
  • 10-30 menit durasi penetrasi penis, terlalu lama

Meskipun di sini ada overlap data antara 7-13 menit dan 10-30 menit, bisa disimpulkan durasi paling membuat pasangan puas (baik pria maupun wanita) adalah 7-13 menit durasi penetrasi penis. (2)

Sedangkan hasil survey dari saucydates.comsebuah situs dating online dari UK, terhadap 3,836 orang menyatakan, rata-rata wanita menginginkan durasi hubungan intim 25 menit 51 detik (durasi penetrasi penis). (3)

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini : Durasi Seks Yang Bikin Wanita Kejang Bahagia

#Rata-Rata Durasi Kemampuan Tahan Lama Pria

Setelah Kita sedikit tahu berapa durasi rata-rata hubungan intim yang diinginkan wanita, pertanyaan lanjutannya tentu,

“Lalu berapa lama rata-rata durasi kemampuan seks pria ?”

Dari berbagai report yang ada, PapaTahanLama lebih cenderung setuju dengan hasil survey dari Marcel D. Waldinger MD. PhD dkk.

Berdasarkan survey Marcel D. Waldinger MD. PhD, Joe McIntosh MD, Dave H. Schweitzer MD. PhD. Rata-rata durasi pria berada di 6 menit (saat penetrasi penis).

Penelitian dilakukan selama 4 minggu terhadap 474 pria dari 5 negara yaitu: Belanda, Spanyol, UK, Turki dan Amerika.

Dari 474 pria yang terlibat, catatan durasi terendah 0.1 menit dan yang tertinggi 52.1 menit. Dari rentang tersebut, mayoritas pria berada di sekitar 6 menit. (4)

#30% Pria Di Dunia Menderita Ejakulasi Dini (ED)

Dr. Ian Kerner, PhD, LMFT terapis seks terkemuka, pada laman www.askmen.com menjelaskan bahwa 30% pria (bahkan mungkin lebih) di dunia menderita ejakulasi dini.

Beliau juga menambahkan, mayoritas penderita ED hanya mampu bertahan 15 hingga 60 detik, terhitung dari mulai penis penetrasi ke vagina.

Bahkan beberapa pria, mengalami ED yang lebih parah, mereka ejakulasi ketika penis baru nempel di mulut vagina. (5)

Lalu apa sih sebenarnya ED ? bagaimana definisi tepatnya ? bagaimana diagnosis yang benar untuk menjustifikasi seseorang menderita ED ? Bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini ?

[2] Ejakulasi Dini (ED), Bagaimana Definisi Tepatnya ?

Secara simpel, di masyarakat, ejakulasi dini diartikan “Sperma terlalu cepat keluar saat hubungan intim”.

Namun kata “terlalu cepat” itu, seberapa lama standar waktunya ? Mari Kita bahas lebih lanjut…

Ejakulasi dini atau ED, merupakan problem seksual yang meliputi 3 dimensi : Durasi, Kontrol dan Kepuasan.

  1. Durasi : Seberapa lama Anda mampu bertahan saat penetrasi penis vagina.
  2. Kontrol : Saat terjadi ejakulasi, apakah itu karena keinginan Anda atau terjadi begitu saja di luar kontrol Anda.
  3. Kepuasan : Apakah saat terjadi ejakulasi, Anda dan istri sama-sama mencapai kepuasan.

Sejujurnya, menemukan definisi yang tepat “apa itu ejakulasi dini ?” merupakan perkara yang sulit. Di dunia medis pun, hingga saat ini belum ada satu definisi yang pasti.

Bahkan definisi yang dikeluarkan oleh lembaga sekelas ISSM (International Society for Sexual Medicine) hasil meeting dengan para expert (dokter, psikolog, terapis) kesehatan seksual, dianggap banyak kelemahan dan kurang memuaskan.

Di tahun 2007, ISSM (International Society for Sexual Medicine) mengeluarkan definisi ejakulasi dini dan dipublikasikan pada tahun 2008 di The Journal of Sexual Medicine, berikut definisinya :

Anda dikatakan menderita ejakulasi dini jika di semua atau hampir di semua aktivitas hubungan intim Anda,

  • Mengalami ejakulasi setelah 1 menit penetrasi vagina (definisi ini untuk ED jenis primer). Atau sebelumnya bisa mencapai beberapa menit, namun sekarang mengalami penurunan durasi penetrasi vagina (definisi ini untuk ED jenis sekunder).
  • Ejakulasi yang terjadi di luar kontrol Anda, artinya ejakulasi terjadi begitu saja di mana sebenarnya saat itu, Anda belum menginginkan terjadinya ejakulasi.
  • Anda mengalami stress dan frustasi karena hal tersebut (cepat ejakulasi di luar kontrol), atau karena hal tersebut Anda berusaha menghindari hubungan intim ?.

Jadi jika merujuk pada definisi ISSM di atas, jika Anda mampu penetrasi penis selama 2 menit saja, Anda dikatakan normal, tidak mengidap ejakulasi dini. Dengan alasan inilah banyak pasien dan dokter kurang puas dan menganggap definisi ED dari ISSM kurang tepat.

Untuk itu, seorang dokter, tidak memvonis begitu saja pasiennya “menderita ejakulasi dini” hanya berdasar kemampuan durasi saja. Tetapi dilakukan serangkaian observasi untuk menjatuhkan vonis ejakulasi dini pada pasien.

Hingga tulisan ini dibuat, ada 3 metode keluaran European Urologists Association, yang biasa digunakan oleh para dokter untuk mendiagnosis sebagai langkah awal cara mengatasi ejakulasi dini pada pasiennya.

Ketiga metode tersebut IELT, PEDT dan AIPE. Ketiga metode ini akan Kami jelaskan di bab berikut…

#Metode Diagnosis Ejakulasi Dini: IELT, PEDT, AIPE

Untuk memvonis seorang pria menderita ejakulasi dini atau tidak, dokter tidak hanya sekedar melihat durasi tahan lama si pria.

European Urologists Association di tahun 2009 mengeluarkan guideline (petunjuk) atau metode untuk mendiagnosis apakah seorang pria mengalami ejakulasi dini atau tidak.

Berikut ketiga metode untuk mendiagnosis ejakulasi dini pada pria:

1. PEDT  (Premature Ejaculation Diagnostic Tool) : Metode ini berisi serangkaian daftar pertanyaan untuk pasien meliputi kondisi seksual, tingkat kepuasan seksual dan keluhan-keluhan psikologis yang selama ini dirasakan.

Masing-masing jawaban atas setiap pertanyaan memiliki skor. Setelah pasien menjawab semua pertanyaan kuesioner PEDT, skor dijumlah.

Berdasar skor PEDT, seorang dikatakan normal (tidak mengalami/ kemungkinan tidk mengalamai ED) jika nilai skor PEDT ≤ 8.

2. AIPE (Arabic Index of Premature Ejaculation) : Metode ini hampir sama dengan PEDT, menggunakan kuesioner berisi rangkaian pertanyaan seputar seksualitas pria.

3. IELT (ntravaginal Ejaculation Latency Time) : Dari ketiga metode diagnosis ejakulasi dini, hanya metode ini yang menentukan pria menderita ejakulasi dini atau tidak, berdasarkan durasi kemampuan tahan lama.

Pada metode IELT ini, pria menghitung dengan stopwatch. Hitungan dimulai saat penis penetrasi ke vagina, hingga mengalami ejakulasi.

Pria dikatakan mengalami ejakulasi dini, jika skor IELT ≤ 2 menit.

Lebih Detail Baca : Begini Diagnosis Pasti Anda Mengalami ED atau Normal

#4 Tipe Ejakulasi Dini

Sebelum memilih cara mengatasi ejakulasi dini, Anda juga harus tahu lebih dahulu, ejakulasi jenis apa yang kemungkinan Anda derita.

Masing-masing tipe memiliki fokus cara mengatasi ejakulasi dini yang berbeda.

Berikut 4 jenis / tipe ejakulasi dini :

  1. Ejakulasi dini tipe primer (Life long premature ejaculation), ejakulasi dini seumur hidup, sejak pertama kali hubungan seksual, si pria sudah mengalami ED.
  2. Ejakulasi dini tipe sekunder (Acquired premature ejaculation), sebelumnya si pria normal, tapi karena sebab-sebab tertentu kemudian menderita ejakulasi dini.
  3. Ejakulasi dini tipe variable, pada tipe ini si pria tidak konsisten, kadang mengalami ED kadang tidak, tergantung pada situasi dan kondisi tertentu.
  4. Ejakulasi dini tipe subyektif, pada jenis ini sebetulnya si pria normal-normal saja. Namun dia merasa kurang puas dengan performa durasinya dan merasa perlu meningkatkan durasinya. Jadi dia hanya sekedar “merasa” menderita ED.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini, Kenali Penyebab 4 Tipe ED

[3] Penyebab Ejakulasi Dini

Ketika pria menderita ejakulasi dini, seringkali pertanyaan pertama yang muncul di benaknya adalah :

“Apa ya penyebabnya ?”

“Kenapa Saya begitu cepat keluar (ejakulasi) ?”

“Apakah ini akibat masalah psikologis atau fisik ?

Sebelum menentukan cara mengatasi ejakulasi dini, Anda harus tahu penyebab utama ejakulasi dini yang Anda derita. Beda penyebab, maka beda juga cara penangananannya.

Kasus ejakulasi dini secara umum disebabkan 2 faktor, psikologis dan fisik.

Sebagaimana definisinya, penyebab pasti ejakulasi dini hingga saat ini juga belum diketahui, masih menjadi perdebatan di antara para ahli baik dari kalangan medis, psikolog maupun terapis tradisional.

Dan mereka sepakat, ejakulasi dini adalah penyakit multicausal (multi penyebab) disebabkan oleh gabungan dari berbagai penyebab.

Dari 2 faktor umum penyebab ejakulasi dini (psikologis dan fisik) dipecah lagi menjadi beberapa penyebab yang lebih spesifik.

#Berikut list penyebab ejakulasi dini yang lebih spesifik :

  • Ketidak seimbangan sistem saraf otak yang berhubungan dengan seks. Sistem saraf otak penderita ED lebih sensitif.
  • Kurangnya keterampilan psikoseksual, keterampilan mengontrol level gairah secara psikologis.
  • Penis yang hipersensitif.
  • Kondisi psikologis yang buruk seperti depresi dan gangguan kecemasan.
  • Cedera tulang belakang dan penyakit tertentu (seperti diabetes, gangguan prostat, gangguan tiroid dll) menyebabkan munculnya ejakulasi dini.
  • Adanya gangguan seksual lain (seperti impotensi), mempengaruhi kemunculan ejakulasi dini.
  • Adanya ketidak seimbangan hormon seksual (seperti testosteron dan oxitocin) menyebabkan ejakulasi dini.

[4] Daftar Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

panduan cara mengatasi ejakulasi dini

Seperti yang sudah Kita bahas di bab sebelumnya, penyebab ejakulasi dini kompleks dan tidak sepenuhnya mudah dipahami.

Karena pada kenyataannya, ejakulasi dini adalah suatu kondisi yang multicausal (multi penyebab). Jarang ada penyebab tunggal. Lebih sering, disebabkan oleh banyak faktor yang berkontribusi.

Jadi, cara mengatasi ejakulasi dini biasanya juga tidak cukup mengandalkan satu jenis treatment. Butuh kombinasi berbagai treatment untuk pengobatan ejakulasi dini.

Point penting bagi Anda pria penderita ED:

“Cara mengatasi ejakulasi dini, tidak cukup mengandalkan satu macam treatment. Agar lebih efektif dan maksimal hasilnya, perlu kombinasi berbagai treatment, butuh kombinasi berbagai cara mengatasi ejakulasi dini”

Bagi Anda yang ngotot, hanya mengandalkan satu teknik / satu metode cara mengatasi ejakulasi dini, maka Anda harus siap menerima kenyataan pahit, kegagalan dan kesia-siaan.

4 Kategori Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Terapi cara mengatasi ejakulasi dini yang ada saat ini, bisa kita bagi menjadi empat kategori:

  1. Self-home therapy & exercize, cara mengatasi ejakulasi dini dengan  terapi dan latihan sendiri di rumah, mayoritas seksolog menyarankan agar penderita ED melakukan hal ini terlebih dahulu sebelum melakukan cara mengatasi ejakulasi dini dengan 3 model lain lainnya.
  2. Professional Sex Therapist, cara mengatasi ejakulasi dini dengan  terapis seks profesional. Cara mengatasi ejakulasi dini model ini bisa Anda tempuh jika belum berhasil menggunakan cara pertama.
  3. Topical Anesthetic, cara mengatasi ejakulasi dini dengan topikal anestesi /bius-pemati rasa lokal. Topikal anestesi bisa berbentuk obat oles, semprot, kondom atau tisu tahan lama. Cara mengatasi ejakulasi dini model ini merupakan cara instan, efektif untuk ED yang disebabkan penis hipersensitif secara fisik.
  4. Penanganan Medis Dokter, Cara mengatasi ejakulasi dini oleh seorang dokter. Cara mengatasi ejakulasi dini ini bisa dengan obat farmasi ataupun operasi penis.

#1. Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Dengan Self-Home Therapy & Exercize

Cara mengatasi ejakulasi dini yang selalu disarankan oleh para dokter pertama kali sebelum menggunakan cara lain adalah metode ini.

Fokus cara mengatasi ejakulasi dini metode self therapy (terapi sendiri) dan self exercize (latihan sendiri) di rumah adalah membantu Anda mengenali, mengidentifikasi dan melatih bagaimana mengontrol gairah Anda saat bercinta.

Yang termasuk kategori cara mengatasi ejakulasi dini dengan metode terapi dan latihan sendiri adalah :

  • Latihan Start-Stop, Cara mengatasi ejakulasi dini ini ditemukan oleh James Semans tahun 1956 (6)
  • Latihan Masters & Johnson Squeeze, Cara mengatasi ejakulasi dini ini hasil modifikasi Latihan Start-Stop oleh Williah H Masters & Virgina E Johnson.   (7)
  • Senam Kegel, Awalnya kegel diciptakan oleh Dr. Arnold Kegel untuk terapi urinary wanita, namun kemudian oleh para sex therapist digunakan sebaga cara mengatasi ejakulasi dini dan hasilnya cukup efektif. (8)
  • Senam Pernafasan, Olahraga dengan unsur olah pernafasan seperti berenang dan senam pernafasan (chikung, yoga, satria nusantara dll) memang tidak secara langsung mengatasi ejakulasi dini. Tetapi efek jangka panjang dari berlatih olah nafas akan meningkatkan performa seksual, mensupport dan mempermudah penanganan cara mengatasi ejakulasi dini.

Harus Baca :

Kunci Pertama Jima’ Tahan Lama, Kenali Level Gairah (Arousal Level)

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Paling Nikmat (Teknik Star-Stop & Squeeze)

Tidak Semua Kegel Efektif, Begini Yang Benar Untuk Atasi ED

#2. Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Dengan Terapis Seks Profesional

Cara mengatasi ejakulasi dini yang biasanya direkomendasikan ketika pasien gagal melakukan terapi sendiri adalah melakukan terapi ejakulasi dini dengan bantuan  terapis seks profesional.

Dengan bantuan terapis seks profesional, Anda akan  diterapi secara psikologis dan fisik. Kunci keberhasilan cara mengatasi ejakulasi dini dengan metode ini adalah komunikasi dan interaksi yang efektif antara terapis-pasien.

#3. Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Dengan Anestesi Topikal / Bius Lokal

Cara mengatasi ejakulasi dini menggunakan anestesi topikal sebenarnya tidak menyelesaikan akar masalah. Ibaratnya seperti ketika Anda bisulan kemudian diberi obat penghilang rasa sakit.

Benar, setelah pemakaian obat tersebut, sakit atau nyeri akibat bisul bisa reda. Namun bisul tersebut sama sekali tidak hilang.

Meskipun cara mengatasi ejakulasi dini dengan anestesi topikal tidak mengatasi akar masalah, namun cukup efektif sebagai cara mengatasi ejakulasi dini yang instant, terutama bagi penderita ED dengan penis hipersensitif terhadap rangsangan fisik. (9)

Cara mengatasi ejakulasi dini dengan anestesi topikal, membuat penis sedikit kebas atau mati rasa. Sehingga berkurang sensitifitasnya.

Penis yang berkurang sensitifitasnya bisa bertahan lebih lama ketika berhubungan intim.

Anestesi topikal yang umum di pasaran untuk cara mengatasi ejakulasi dini bisa berbentuk obat oles, obat semprot, kondom tahan lama, tisu tahan lama. Bahan dasar dari anestesi topikal tersebut bisa alami (herbal) maupun kimiawi.

Baca Juga : Jangan Pakai Obat Oles Tahan Lama, Sebelum Baca Ini !

#4. Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Melalui Dokter Medis

Cara mengatasi ejakulasi dini melalui dokter biasanya akan diberi saran untuk melakukan self therapy (cara pertama) lebih dahulu. Kemudian jika belum berhasil biasanya akan dilanjutkan dengan pemberian obat farmasi.

Cara mengobati ejakulasi dini dengan obat farmasi, biasanya dokter meresepkan obat golongan SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitors). 

Obat ini cukup efektif, namun mengingat resikonya, tidak bisa kita mendapatkannya secara bebas. Peredaran obat ini dijaga ketat dan konsumsinya harus disertai resep dokter.

Klinik medis tertentu juga menawarkan cara mengatasi ejakulasi dini dengan operasi bedah penis.

Saran kami jika Anda mau menemui dokter dalam rangka cara mengatasi ejakulasi dini, temuilah dahulu dokter umum. Biasanya dokter umum akan melihat penyebab utama ED yang Anda derita. Kemudian akan merujuk ke dokter spesialis sesuai penyebab ED yang Anda alami.

Dokter spesialis yang menjadi rujukan bisa spesialis urologi, spesialis andrologi, spesialis kulit dan kelamin maupun spesialis kejiwaan.

[5] Sejarah Panjang Penelitian Penyebab dan Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Penelitian pada topik ejakulasi dini, telah berlangsung selama 100 tahun lebih dan masih berjalan hingga saat ini. Fakta ini menunjukkan betapa kompleks dan rumitnya masalah yang “terlihat simpel” ini.

MD Waldinger, salah satu sosok peneliti terkemuka di bidang ejakulasi dini, membagi sejarah penelitian ejakulasi dini menjadi 4 periode. (10)

Para peneliti mengeluarkan penyebab ejakulasi dini dan rekomendasi cara mengatasi ejakulasi dini yang berbeda-beda di masing-masing periode penelitian.

#4 Periode Sejarah Penelitian Ejakulasi Dini (ED)

1. Periode Penelitian Urologis / Psikologis

Periode pertama penelitian ED ini berlangsung tahun 1910-an hingga 1940-an. Di tahun 1917, Karl Abraham mengeluarkan karya ilimiah pertama tentang ejakulasi dini. (11)

Karl Abraham menyebut, faktor konflik psikologis bawah sadar menjadi penyebab ejakulasi dini pada pria. Namun diyakini pula, untuk kasus ED tertentu, faktor urologis dan anatomi penis, seperti penis hipersensitif & frenulum penis yang terlalu pendek, menjadi penyebab utama ED.

Cara mengatasi ejakulasi dini yang direkomendasikan di periode ini ada 2:

Pertama, cara mengatasi ejakulasi dini dengan terapi psikologis.

Kedua, cara mengatasi ejakulasi dini dengan anestesi topikal / bius lokal.

2. Periode Penelitian Behavioral (Perilaku Penderita ED)

William Masters & Virginia E Johnson di tahun 1970-an mengeluarkan penjelasan perilaku munculnya ejakulasi dini. Menurut teori kedua peneliti ED tersebut, ejakulasi dini terkait dengan perilaku atau kebiasaan penderitanya. (12)

Saat pertama kali melakukan hubungan seksual, umumnya pria ejakulasi dengan cepat (maklum karena belum bisa mengendalikan gairah yang meletup-letup).

Kemudian jika pria tersebut tidak belajar cara mengatasi ejakulasi dini dengan belajar mengontrol gairah, ditambah dengan perasaan cemas atas cepatnya ejakulasi, maka hal itu (cepat ejakulasi) akan menjadi kebiasaan.

Pada periode ini, cara mengatasi ejakulasi dini paling direkomendasikan adalah cara mengatasi ejakulasi dini dengan therapy and exercize baik self home (sendiri) atau lewat bantuan terapis profesional. Termasuk cara mengatasi ejakulasi dini di periode ini, teknik Start-stop, metode Masters & Johnson Squeeze.

3. Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Periode Neurobiologis

Pada tahun 1980 – 1990an, ditemukan obat farmasi tertentu mampu memberi efek ereksi tahan lama pada penderita ED. Obat tersebut mempengaruhi saraf otak yang berhubungan dengan seksualitas pria.

Dari sini, peneliti lebih fokus mencari penyebab dan cara mengatasi ejakulasi dini yang berhubungan dengan sistem saraf tersebut. Periode ini menandai lahirnya cara mengatasi ejakulasi dini adalah dengan obat-obatan farmasi berdasar resep dokter.

Obat yang sering diresepkan sebagai cara mengatasi ejakulasi dini yaitu golongan SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitors), obat yang awalnya digunakan sebagai resep antidepresant.

4. Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Periode Genetik dan Farmasi

Meneruskan penelitian sebelumnya, akhir-akhir ini para peneliti fokus pada faktor genetik, penggunaan obat farmasi dan studi pengaruh hormon untuk memecahkan cara mengatasi ejakulasi dini yang tepat.

Periode ini berlangsung di tahun 2000-an. Salah satu kemajuan di periode ini yaitu munculnya definisi ED dari ISSM (International Society for Sexual Medicine), diterbitkan tahun 2008 oleh The Journal of Sexual Medicine yang diharapkan menjadi rujukan ilmiah bagi tiap terapis atau tenaga ahli medis di bidang seksualitas.

Meskipun definisi tersebut masih dianggap terlalu lemah dan kurang memuaskan bagi penderita ED maupun para seksolog.

#Fokus Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Saat Ini

Salah satu problem cara mengatasi ejakulasi dini bagi terapis maupun peneliti di bidang ED adalah tidak adanya penyebab pasti dan tidak adanya definis baku ejakulasi dini.

Namun sekarang ini, ejakulasi dini telah dibagi menjadi 4 tipe atau jenis dan sudah disepakati oleh banyak terapis, seksolog dan peneliti.

Dengan adanya pembagian tipe / jenis ejakulasi dini, para peneliti, seksolog dan terapis lebih memudahkan fokus dalam menentukan penyebab dan cara mengatasi ejakulasi dini untuk tiap jenis ED.

[6] Kesimpulan Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Dari pembahasan panjang di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :

Hingga saat ini belum ada definisi baku mengenai definisi ejakulasi dini yang benar-benar disetujui dan memuaskan para peneliti, seksolog maupun terapis ejakulasi dini.

Untuk menentukan apakah pria menderita ED atau tidak, terapis seks profesional ataupun dokter biasa menggunakan tools / guideline yang dikeluarkan oleh European Urologists Association. Guideline tersebut : PEDT, AIPE & IELT.

Ejakulasi Dini dibagi menjadi 4 tipe : Primer (seumur hidup), Sekunder, Variable dan Subyektif. Dengan adanya pembagian tipe ED ini, lebih mudah menentukan penyebab dan cara mengatasi ejakulasi dini.

Cara mengatasi ejakulasi dini secara garis besar dibagi dalam 4 kategori :

  • Self therapy / exercize (terapi / latihan sendiri).
  • Therapy dengan bantuan terapis seks profesional.
  • Mengatasi ejakulasi dini dengan anestesi lokal (bius / pemati rasa lokal)
  • Pengobatan ejakulasi dini secara medis (dengan obat atau operasi penis) oleh dokter ahli.

Demikianlah cara mengatasi ejakulasi dini, untuk lebih detail Anda harus baca link-link terkait yang sudah Kami berikan.

Sumber Referensi :

(1) The Orgasm Gap : Simple Truth & Sexual Solution, (online), (https://www.psychologytoday.com/intl/blog/stress-and-sex/201510/the-orgasm-gap-simple-truth-sexual-solutions)

(2) Good Sexual Intercourse Lasts Minutes, Not Hours, Therapists Say,  (online), (https://news.psu.edu/story/189340/2008/03/31/research/good-sexual-intercourse-lasts-minutes-not-hours-therapists-say)

(3) How Long Does Sex Last ?, (online), (https://www.saucydates.com/how-long-does-sex-last/)

(4) Marcel D Waldinger MD, PhD, Joe Mcinthos MD,  Dave H. Schweitzer MD, PhD. First published: 06 October 2009. A Five‐nation Survey to Assess the Distribution of the Intravaginal Ejaculatory Latency Time among the General Male Population, (online), (https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1743-6109.2009.01392.x)

(5) Ian Kerner PhD. Premature Ejaculation: In Numbers, (online), (https://www.askmen.com/sports/health_400/456_the-facts-behind-premature-ejaculation.html)

(6) Semans JH (1956) Premature ejaculation: a new approach. South Med J 149:353–358

(7) Masters WH, Johnson VE (1970) Human sexual inadequacy. Little Brown, Boston

(8) Kegel Exercize, (online), (https://en.wikipedia.org/wiki/Kegel_exercise)

(9) Rowland DL, Haensel SM, Blom JH, Slob AK (1993) Penile sensitivity in men with premature ejaculation and erectile dysfunction. J Sex Marital Ther 19:189–197, Xin ZC, Chung WS, Choi YO et al (1996) Penile sensitivity in patients with primary premature ejaculation. J Urol 156:979–981, Wyllie MG, Hellstrom WJ (2011) The link between penile hypersensitivity and premature ejaculation. BJU Int 107:452–457

(10) Waldinger MD (2004) Lifelong premature ejaculation: from authority-based to evidence based medicine. Brit J Urol Int 93:201–207

(11) Abraham K (1917) Über Ejaculatio Praecox. Zeitschr Aerztliche Psychoanalyse 4:171-186

(12) Masters WH, Johnson VE (1970) Premature ejaculation. In: Masters WH, Johnson VE (eds) Human sexual inadequacy. Little, Brown and Co, Boston

 

 

16 thoughts on “Cara Mengatasi Ejakulasi Dini: Panduan Komplit,Konkrit,No Bullshit”

  1. Pingback: Cara ML Agar Kuat Tahan Lama (20 Menit Lebih), Hindari 1 Hal Ini - PapaTahanLama.com

  2. Pingback: Kondom Tahan Lama, Daftar Lengkap Berbagai Merek - PapaTahanLama.com

  3. Pingback: Ramuan Tahan Lama Oles, Jangan Pakai Sebelum Baca Ini ! - PapaTahanLama.com

  4. Pingback: 9 Makanan Mengatasi Ejakulasi Dini, No 9 Paling Ampuh ! - PapaTahanLama.com

  5. Pingback: Mengatasi Ejakulasi Dini Cara Islami, Begini Cara Yang Benar - PapaTahanLama.com

  6. Pingback: Jamu Kuat Tahan Lama VS Obat Farmasi, Pria ED Pilih Mana ? - PapaTahanLama.com

  7. Pingback: Cara Jima' Tahan Lama, Kuncinya Kenali Level Gairah Seksual Anda ! - PapaTahanLama.com

  8. Pingback: Kondom Pria Tahan Lama Paling Disukai Wanita - PapaTahanLama.com

  9. Pingback: Mengatasi Ejakulasi Dini dengan Pijat Urut Refleksi, Mudah Dipraktekkan Sendiri - PapaTahanLama.com

  10. Pingback: Cara Agar Tahan Lama di Ranjang (Rahasia Lengkap Pria Perkasa), Dijamin Wow ! - PapaTahanLama.com

  11. Pingback: Cara Pria Biar Tahan Lama : Durasi Intim Yang Bikin Wanita Kejang Bahagia, Berapa Lama Sih ? - PapaTahanLama.com

  12. Pingback: Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Untuk Remaja, Simple dan Ampuh ! - PapaTahanLama.com

  13. Pingback: Cara Mengobati (ED) Ejakulasi Dini Ringan, Mudah+Nikmat Dipraktekkan - PapaTahanLama.com

  14. Pingback: Cara Membuat Mr. P Tahan Lama Dengan Onani Sebelum ML, BACA INI ! - PapaTahanLama.com

  15. Pingback: Mengenaskan: Rasanya Malam Pertama Bagi Pria Tanpa 1 Skill Wajib Ini - PapaTahanLama.com

  16. Pingback: Cara Tahan Lama di Ranjang, Kuasai Teknik Pernafasan Ini ! - PapaTahanLama.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *